Selasa, 19 April 2011

MATOA ,buah khas Mimika, Papua

Matoa (Pometia Pinnata) adalah tanaman khas Papua, termasuk famili Sapindaceae (keluarga rambutan-rambutanan), buahnya berbentuk bulat lonjong seukuran buah pinang, kalau mentah kulitnya berwarna hijau kalau mateng hijau agak kekuningan, kulitnya agak keras gitu. Rasanya rame.. menurut saya sih lebih mirip rasa durian.. padahal penampakan daging buahnya seperti kelengkeng atau leci,, manis rasanya.
Merupakan buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian.
Buah Matoa merupakan buah dengan kombinasi rasa yang begitu unik. Rasa rambutan, kelengkeng dan durian campur menjadi satu dalam daging buah yang kesat seperti rambutan. Sungguh buah yang unik.
Rasa buahnya “ramai”, dan susah didefinisikan, seperti antara rasa buah leci dan buah rambutan. Ada juga yang merasakannya sangat manis seperti buah kelengkeng. Ada yang bilang manis legit. Ada lagi yang merasakan aromanya seperti antara buah kelengkeng dan durian. Pendeknya, buah matoa berasa enak, kata mereka yang suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar